pengertian pramuka

Pramuka

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti nama organisasi pendidikan nonformal Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Sehingga Kepramukaan juga dapat di arti kan sebagai sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia

.

Pengertian PRAMUKA

SEJARAH TERBENTUKNYA GERAKAN PRAMUKA

Dikutip dari situs wikipedia, Gerakan Pramuka atau Kepanduan di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1923 yang ditandai dengan didirikannya (Belanda) Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung. Sedangkan pada tahun yang sama, di Jakarta didirikan (Belanda) Jong Indonesische Padvinderij Organisatie (JIPO). Kedua organisasi cikal bakal kepanduan di Indonesia ini meleburkan diri menjadi satu, bernama (Belanda) Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) di Bandung pada tahun 1926.

Pendirian gerakan ini pada tanggal 14 Agustus 1961 sedikit-banyak diilhami oleh Komsomol di Uni Soviet. Organisasi Kepanduan Indonesia di seputaran tahun 1920-an. Pada tanggal 26 Oktober 2010, Dewan Perwakilan Rakyat mengabsahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Berdasarkan UU ini, maka Pramuka bukan lagi satu-satunya organisasi yang boleh menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Organisasi profesi juga diperbolehkan untuk menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.

Tujuan Gerakan PRAMUKA
Gerakan Pramuka bertujuan mendidik dan membina kaum muda indonesia agar :

a)Manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur yang : Berimandan bertaqwa kepada TuhanYang Maha Esa, kuat mental dan tinggi moral. Tinggi kecerdasan dan mutu keterampilan. Kuat dan sehat jasmaninya.

b)Warga Negara Republik Indonesia yang berjiwa pancasila, setia dan patuhkepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara,memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan, baik lokal, nasional maupun internasional.

Tugas Pokok Gerakan PRAMUKA
Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda melalui Kepramukaan di lingkungan luar sekolah, yang melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Adapun tugasnya yaitu :
1)Membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertaqwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2)Membentuk sikap dan perilaku yang positif, menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki kecerdasan emosional sehingga dapat menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri,sanggup dan mampu membangun dirinya sendirinya serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

3)Dalam melaksanakan pendidikan Kepramukaan, Gerakan Pramuka selalu memperhatikan.
a.Keadaan, kemampuan, kebutuhan dan minat peserta didiknya.
b.Keadaan, kemampuan, adat istiadat dan harapan masyarakat termasuk orangtua Pramuka.

4)Dalam pelaksanaan kegiatannya, Gerakan Pramuka menggunakan PDK danMK,Sistem Among dan berbagai metode penyajian lainnya.

Fungsi Utama Gerakan PRAMUKA
Kepramukaan mempunyai fungsi sebagai berikut:

1)Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda
Kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik.

2)Pengabdian bagi orang dewasa.
Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.

3)Alat bagi masyarakat dan organisasi
Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhanmasyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya.
http://www.artipengertian.id/2016/03/pengertian-pramuka-tujuan-tugas-pokok.html
sumber :

News

Recent Articles

Technology

Famous Posts

Food

Entertainment

Fashion

Technology

animated

/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://ani.cursors-4u.net/movie/mov-2/mov143.ani), url(http://ani.cursors-4u.net/movie/mov-2/mov143.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

BTemplates.com

Blogroll