1. Sandi Semaphore
Sandi semaphore adalah cara lain untuk menyampaikan isyarat semaphore secara tertulis. Berikut adalah kuncinya.

2. Sandi Pengembangan Morse(Sandi Rumput, Sandi Kimia)
Sandi diatas adalah sandi-sandi yang dikembangkan dari isyarat morse. Perbedaannya hanya dalam cara penulisannya saja.
Sandi Rumput dituliskan dengan grafik yang lancip. Bagian yang tinggi melambangkan strip(-), sedangkan yang rendah melambangkan titik(.). Dalam penulisannya, satu huruf dituliskan secara bersambung. Satu kata dibatasi dengan sambungan garis bawah. Sedangkan antar kata dipisah penulisannya. Berikut adalah contohnya.
sandi rumput
Kata diatas berarti “PRAMUKA”. Sangat simple khan?bagaimana? πŸ™‚
Sandi Kimia adalah pengembangan lain dari sandi morse, bedanya adalah strip(-) ditulis dengan menggunakan huruf konsonan, sedangkan titik(.) ditulis dengan huruf vokal. Pemisahan antar hurufnya menggunakan simbol plus(+). Berikut adalah contohnya :
CO2 + O2 + HON + OH + I2K
Kata diatas berarti “DIKAU”. Bagaimana teman-teman? Sudah paham khan? πŸ™‚
3. Sandi Kotak 1 
Sandi kotak 1 adalah sandi yang menggunakan simbol dari huruf-huruf yang terdapat dalam kolom berbentuk kotak dan belah ketupat. Dalam 1 kotak tersebut terdapat 2 huruf yang berurutan mulai dari A hingga R. Sedangkan dalam kelah ketupat terdapat huruf S hingga Z. Cara penulisannya yaitu berdasar urutan kotak maupun belah ketupat. Untuk penulisan huruf pertama yaitu dengan tanpa titik. Untuk huruf kedua ditambahi 1 titik didalamnya. Berikut adalah contoh dan gambaran sandi kotak.
sandi kotak 1
4. Sandi Kotak 2
Sandi kotak 2 adalah pengembangan dari sandi kotak 1 namun dengan hanya menggunakan kolom kotak saja, dan 1 kolom biasanya berisi 3 huruf. Penulisannya hampir sama, Namun untuk huruf ketiga ditambahi 2 titik. Berikut adalah contohnya.
SANDI KOTAK 2
5. Sandi Cermin
Sandi Cermin adalah Sandi yang menggunakan penulisan kata yang dibalik sesuai dengan kata yang sebenarnya. Contoh Sandi cermin adalah sebagai berikut :
cermin
6. Sandi Ular
Sandi Ular adalah sandi yang pembacaannya secara berkelok-kelok dari arah kiri atas kemudian ke kanan 1 huruf, lalu ke bawah dengan cara zigzag, dst. Berikut contohnya :
ular
Kata diatas dibaca SATYAKU KUDHARMAKAN DHARMAKU KUBAKTIKAN. Bagaimana kawan-kawan? mudah khan? πŸ™‚